MILAD HIMPARISBA

Posted by Author On March - 25 - 2010

HIMPARISBA telah berdiri sejak tahun 1979. Sebelum organisasi Himparisba terbentuk, terdapat kelompok-kelompok pengajian kecil yang dipimpin oleh Bapak Jumadi (Almarhum) dan Bu Maryam pada tahun 1974. Seperti Nurul Aliyah, Ropalu, dan lain-lain.

SENYUMAN RAMADHAN

Posted by HIMPARISBA On July - 10 - 2010

Ramadhan, dengan segala kemuliaan dan keindahannya, dijadikan momentum yang tepat untuk menjalankan fungsi syiar HIMPARISBA. Bulan yang penuh berkah dan maghfirah ini terlalu sayang dilewatkan untuk diisi dengan segala bentuk kebaikan, yang bersumber dari Al-Quran dan Sunnah Rasulullah SAW.Rasulullah SAW adalah figur mulia umat ini, termasuk segala perilaku beliau dalam mengisi Ramadhan. Semangat beliau dalam mengisi bulan Ramadhan menjadi suatu keindahan dan kerinduan yang mendalam bagi umat ini, dimana meneladaninya adalah ibadah.

Definisi dan Lambang

Posted by HIMPARISBA On March - 25 - 2008

Himparisba merupakan singkatan dari Himpunan Pengajian Remaja Islam Blora. Organisasi ini berdiri sejak tahun 1979-sekarang. Berkedudukan di Masjid Agung Baitun Nur Blora.

Sejarah

Posted by Author On Month - Day - Year

Sebelum organisasi Himparisba terbentuk, terdapat kelompok-kelompok pengajian kecil yang dipimpin oleh Bapak Jumadi (Almarhum) dan Bu Maryam pada tahun 1974. Seperti Nurul Aliyah, Ropalu, dan lain-lain.

TENTANG HIMPARISBA

Posted by HIMPARISBA On August -17 - 2009

HIMPARISBA adalah organisasi semi otonomi di bawah naungan Yayasan Masjid Agung Baitun Nur Blora di bawah koordinasi seksi pendidikan nonformal yang bergerak di bidang keagamaan, kesiswaan, dan sosial kemasyarakatan serta pengembangan kader-kader masa depan pemimpin bangsa (future nation leaders. Sebagai Organization of Future Islamic Leaders

Salam Milad HIMPARISBA....!!!

Tak terasa HIMPARISBA sudah menginjak usia yang ke 31, memasuki dekade ke 4 dalam menapaki perjalanan dakwah dan perjuangannya.

HIMPARISBA telah berdiri sejak tahun 1979. Sebelum organisasi Himparisba terbentuk, terdapat kelompok-kelompok pengajian kecil yang dipimpin oleh Bapak Jumadi (Almarhum) dan Bu Maryam pada tahun 1974. Seperti Nurul Aliyah, Ropalu, dan lain-lain.

Pada tahun 1979, ada satu pemikiran yaitu untuk menyatukan kelompok-kelompok tersebut secara resmi menjadi satu. Atas usulan-usulan tersebut akhirnya tercetus dalam satu kesatuan dengan nama HIMPARISBA yang diusulkan oleh Bapak Tri Usman Widodo seorang anak dari SMP N 1 Kunduran

Langkah pertama oleh HIMPARISBA melaksanakan LKP (Latihan Kepemimpinan Pengajian) Dasar I selama lima hari.

Pada tanggal 25 Maret 1979 diresmikan oleh Ketua Ta’mir Masjid Baitun Nur Blora Bapak Ahmad Muzni (Kepala KUA Kecamatan Blora). Pada tanggal 25 Maret 1979 merupakan peresmian HIMPARISBA yang dipimpim oleh Bapak Jumadi dan dengan Ketua Umum pertama yaitu Wahidah Hesti Utami.

Menurut Bapak Heraldi (Alumni Angkatan 11), bahwa HIMPARISBA dahulu sempat mengalami suatu kejayaan yang eksistansinya sangat diakui oleh masyarakat. Pengurusnya yang mandiri dan memiliki jiwa pemberani menjadikan organisasi ini tangguh dalam melahirkan generasi-generasi terbaik untuk Blora. Tak heran, banyak alumni yang merasakan kesuksesan setelah menimba ilmu di HIMPARISBA. Itu adalah salah satu dari keberkahan dari aktivitas memakmurkan masjid juga, yaitu Masjid Baitun Nur Blora.

Firman Allah SWT dalam Kitab suci Al Qur'an:
"Hanyalah yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang beriman kepada Allah dan hari kemudian, serta tetap mendirikan sholat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk." [QS. At Taubah 9 : 18]


Saat ini diperkirakan, semangat-semangat yang berkobar di masa lalu itu mulai tak menyala. Karena adanya perubahan zaman yang membedakan girah para Pejuang HIMPARISBA.
Namun, setiap periode kepengurusan HIMPARISBA, itulah yang terbaik bagi para anggotanya. Ukhuwah yang telah terjalin seiring dengan berjalanya waktu merekatkan kasih sayang diantara anggotanya.

Ketangguhan itu mereka buktikan dengan masih berdirinya HIMPARISBA sampai kini. Dengan beragam kegiatan dan inovasi terbaru yang mereka persembahkan untuk bumi Dakwah di Blora.

Cobalah kita refleksikan, dengan kejayaan Islam di masa lalu, masa Bani Umayyah, Bani Abassiyah, sampai Bani Turki Utmaniah. Islam telah banyak melahirkan beberapa ilmuwan dalam berbagai bidang sehingga kalangan Eropa banyak menggunakan hasil karya ilmuwan Muslim sebagi referensinya. Suatu saat, nanti kita harus yakin bahwa Islam akan meraih Zaman Keemasanya itu kembali.

Begitu pula, dengan HIMPARISBA semangat para generasinya harus dibakar kembali untuk meraih "The Golden Age" di kota Blora kita tercinta.

Ayo HIMPARISBA...!!!
Kalian pasti bisa....!!!
Amanah ini amatlah besar namun itu semua bisa qt raih bersama dengan segala inovasi terbaik dari Antum/Antunna semua. Kontribusi dari seluruh pihak baik anggota maupun Alumni.


HAMASAH.....!!!
ALLAHU AKBAR.....!!!


Kamis, 25 Maret 2010
9 Rabiul Akhir 1431 H


Mari kita jadikan Milad HIMPARISBA yang ke 31 ini sebagai bahan untuk merefleksikan Eksistensi HIMPARISBA di Persada Dakwah Blora.



Daripada Abu Hurairah r.a. berkata:
Rasulullah S.A.W bersabda:

"Islam mulai tersebar dalam keadaan dagang (asing). Dan ia akan kembali asing. Maka beruntunglah orang-orang yang asing."

Share/Bookmark

0 Response to "MILAD HIMPARISBA KE 31, Refleksikan Eksistansi di Persada Dakwah Blora"

Posting Komentar

Kami menerima saran-saran yang bersifat memotivasi untuk HIMPARISBA.
Syukran

    VISITOR'S SUM

    BUKU TAMU


    ShoutMix chat widget
    Ada kesalahan di dalam gadget ini

    HIMPARISBA's Fan Box

    HIMPARISBA on Facebook

    LIVE TRAFFIC FEED

    VISITORS

    free counters

    LANGUAGE

    QUR'AN HOLIC

    Search in the Quran
    Search:
    Download | Free Code
    www.SearchTruth.com